Belajar dari Rebranding Tokobagus Menjadi OLX

Rebranding Tokobagus | Jasa Desain Logo

Detakstudio | Jasa Desain Logo - Branding adalah kegiatan untuk memposisikan bisnis Anda sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin Anda capai. Branding yang baik bukan hanya akan meningkatkan penjualan tapi juga akan meningkatkan loyalitas.

Oleh karena itu sebaiknya para pengusaha selain memikirkan cara meningkatkan penjualan melalui promosi juga harus memikirkan cara meningkatkan penjualan melalui branding.

Dalam prosesnya, membangun brand haruslah dipikirkan jauh ke depan agar dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang mengharuskan melakukan rebranding. Jika rebranding harus dilakukan maka bukan hanya biaya yang harus dikeluarkan tapi juga tenaga, waktu dan pikiran.

Belajar dari rebranding Tokobagus menjadi OLX semoga bisa dijadikan contoh bagi siapapun yang ingin memulai usaha. Berikut adalah artikel mengenai rebranding Tokobagus menjadi OLX yang kami ambil dari BINUS University.


Oleh Rita, S.E., M.Si

“Cara Tepat, Jual Cepat”

Tagline tersebut tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama bagi pengguna situs online shopping jual beli barang-barang bekas. Semula dikenal bernama tokobagus.com kini berubah menjadi OLX.co.id. Tidak hanya perubahan nama, tetapi juga perubahan logo dan URL. Perubahan ini dalam dunia marketing disebut dengan rebranding.

Rebranding Tokobagus | Jasa Desain Logo
Gambar kami ubah semata-mata hanya untuk menyesuaikan dengan tampilan artikel kami.

Rebranding
merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit.

Rebranding tokobagus.com menjadi OLX.co.id adalah strategi pemasaran perusahaan dengan membuat sebuah nama baru (brand renaming) dan logo baru (brand redesign) yang diciptakan dengan tujuan pengembangan dan memberikan sebuah pembaharuan dalam benak konsumen, investor, dan pesaing. Bagi lidah masyarakat Indonesia menyebutkan brand Tokobagus akan lebih mudah dibandingkan OLX.

Mengapa rebranding tersebut justru dilakukan? Alasannya adalah bahwa perusahaan ingin memperbesar pangsa pasarnya tidak hanya di skala lokal, tetapi juga global. Perubahan nama dilakukan agar brand dapat menstandarisasikan dirinya secara global (global re-branding trap). Hal ini juga pernah dilakukan oleh Sari Puspa yang melakukan rebranding menjadi Soffell, serta Nasional menjadi Panasonic, dan dikategorikan berhasil.

Apakah rebranding tokobagus.com menjadi OLX.co.id dikatakan berhasil? Menurut data dari riset MetrixLab terhadap brand awareness OLX selama 3 bulan semenjak rebranding pada tanggal 20 Mei 2014, OLX masih menjadi top of mind awareness di kalangan masyarakat Indonesia dengan platform jual beli online. Kesuksesan rebranding OLX menurut Alif Priyono, Chief Operating Officier OLX datang dari beberapa faktor. Pertama investasi iklan di televisi komersil, kedua fasilitas Google Search yang memudahkan user menemukan OLX dan ketiga pemasangan sistem permanen redirect situs Tokobagus menuju halaman OLX Indonesia

Apa yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan apabila memutuskan rebranding?

  • Identification, tentukan apa tujuan rebranding, mengapa perusahaan melakukan rebranding, dan hasil akhir apa yang diharapkan.
  • Articulation, mencari tahu bagaimana mengekspresikan unique value, mencari tahu alasan dari para stakeholder dan pelanggan mengapa mereka mau bekerja sama dengan perusahaan.
  • Action, semua rencana dan riset akan menjadi sia-sia, jika kita tidak segera bertindak.
Satu hal yang bisa mengubah hidup bisnis Anda adalah dengan bertindak. Jika perlu, ubah nama dan logo merek Anda. (Berbagai Sumber)

Sumber


Pelajaran yang bisa didapat dari contoh kasus rebranding Tokobagus menjadi OLX adalah bahwa dalam pemilihan nama dan membuat logo pada suatu brand seharusnya dipikirkan terlebih dahulu sejak awal.

Untuk pemilihan nama perlu dipikirkan apakah harus menggunakan bahasa ibu atau bahasa asing, sementara untuk membuat logo perlu dipikirkan apakah logo akan relevan dengan masa mendatang.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan kami siap membantu kegiatan branding bisnis Anda dengan memberikan pelayanan jasa desain logo yang maksimal.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak