Desain Grafis Adalah

Desainer Grafis Adalah Jasa Desain Grafis
Credit Foto : Stux

Detakstudio | Jasa Desain Grafis - Untuk mengetahui apa itu desain grafis kita harus lebih dahulu mengetahui seperti apa wujud desain grafis. Seperti dijelaskan oleh Surianto Rustan di dalam artikel "Apa itu Desain Grafis? Siapa itu Desainer Grafis?".

"Wujud-wujud desain grafis dapat dengan mudah ditemui di mana-mana. Brosur, surat kabar, surat-surat tagihan, kartu kredit, tagihan listrik, uang, halaman Facebook, twitter, di BB, di iPad, iklan majalah, billboard, rambu lalu lintas, logo, pada papan nama restoran, pada bungkus permen, pada kartu nama, dan lain-lain, semua itu adalah wujud desain grafis yang sering dijumpai. Kalau diperhatikan, rata-rata diterapkan dalam bidang datar (dua dimensi)", Surianto Rustan, DGI.or.id

Secara tidak langsung penjelasan di atas telah memberikan informasi kepada kita bahwa posisi desain grafis sangat dekat dengan kehidupan manusia. Keseharian kita tidak pernah lepas dari keberagaman wujud visual yang diciptakan oleh manusia yang kita disebut sebagai "desain grafis".

Fungsi Desain Komunikasi Visual / Desain Grafis


Meski desain grafis memiliki keberagaman wujud tetapi tetap memiliki kesamaan antara yang satu dengan yang lainnya yaitu kesamaan dalam hal fungsi, yaitu fungsi komunikasi.

Diuraikan oleh Yongki Safanayong dalam buku "Desain Komunikasi Visual Terpadu" (2006:3) bahwa desain komunikasi visual / desain grafis memiliki empat fungsi, yaitu;
  1. Untuk memberitahu atau memberi informasi.
  2. Untuk memberi penerangan.
  3. Untuk membujuk.
  4. Untuk melindungi (fungsi khusus untuk desain kemasan atau kantung belanja).

Contohnya icon berbentuk rumah yang terdapat di smartphone.

Dalam hal ini pembuat ingin mengkomunikasikan kepada pengguna bahwa jika menekan icon rumah maka tampilan smartphone akan kembali kepada tampilan awal, di sini desain grafis berfungsi sebagai pemberi informasi, sama halnya dengan rambu-rambu penunjuk jalan.

Jika dalam ranah periklanan seringkali desain grafis berfungsi sebagai media untuk membujuk atau merayu.

Untuk ulasan mengapa gambar rumah yang dipilih kita akan masuk pada ranah semiotika dan terkait pembahasan tentang semiotika penulis akan coba menjelaskan di lain kesempatan.

Kesimpulan

Apa Itu Desain Grafis? Desain grafis adalah salah satu wujud komunikasi.

Medianya bisa berupa apa saja, namun secara umum media desain grafis biasanya berupa bidang datar (2 dimensi). 

Karena menyangkut komunikasi maka desain grafis bisa dikatakan berhasil jika apa yang ingin disampaikan (dimaksudkan) oleh pengirim pesan sama dengan apa yang ditangkap (diterjemahkan) oleh penerima pesan.

Sederhananya, seperti apa desain grafis itu dikemas tergantung siapa target audience-nya.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak